Dukun cilik ponari

Muhammad Ponari, Bocah kelas 3 sekolah dasar ini mendadak terkenal karena memiliki sebuah jimat berujud batu yang konon bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Di rumahnya, desa Balongsari kecamatan Megaluh, Jombang sejak awan February di jejali antrian antara 8ribu sampai 15ribu orang tiap hari yang mencari kesembuhan kepada Ponari. Hingga terjadi tragedi dengan tewasnya 4 orang yang diduga karena kelelahan dalam desak desakan. Polisi akhirnya menutup sementara praktik Ponari.

Pendapat beberapa ulama bahwa dalam hal Ponari ini dikhawatirkan dapat mencederai akidah agama. Bahkan beberapa paramedis menyatakan hal itu samasekali tidak rasional dan tak ilmiah. Namun lepas dari kontroversì diatas, Bahwa Tuhan bisa saja menyembuhkan penyakit apapun melalui cara apapun termasuk bocah kecil atau bahkan melalui batu.

Sedang cara pengobatan Ponari hanya menggunakan media batu yang ia celupkan di dalam air mineral milik pasien. Selanjutnya dari bekas celupan batu yang diperoleh saat Ponari nyaris kesambar petir itu, pasien menggunakannya dengan cara di minum ataupun di oleskan di tempat yang sakit. Dari situ pasien merasakan kesembuhan, Walaupun belum ada bukti nyata tentang kesembuhan total tentang penyakit pasien.

Lalu mengapa banyak warga yang berobat ke pengobatan semacam Ponari? Jawabnya tentu beayanya lebih murah. Sedang untuk ke dokter tentu sangat mahal. Walaupun jamkesmas ataupun jamkesda gencar di promosikan, namun kenyataannya progam mulia itu susah di akses oleh warga miskin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: